Pentingnya DA dan PA dalam Optimasi SEO

DA dan PA

DA dan PA – Dalam proses optimasi SEO (Search engine Optimization) ada istilah DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority). Istilah-istilah ini akan Anda temui saat melakukan analisis SERP atau riset keyword suatu website.

DA dan PA diukur dengan angka, nilainya sangat memengaruhi kualitas SEO website. Google sangat menyukai situs dengan nilai DA dan PA yang tinggi.

Semakin tinggi nilai DA/PA maka semakin tinggi pula kualitas optimasi SEO. Sehingga membuat jalannya website menaiki peringkat search engine.

Lalu, apa itu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) ?

1. Domain Authority (DA)

Domain Authorithy adalah nilai patokan seberapa baik peringkat website secara keseluruhan. Skala ukur otoritas DA mulai dari 1 sampai dengan 100. Semakin tinggi DA website, semakin baik pula peringkat dalam SERP.

Kekuatan DA dari situs website maupaun blog berlandasakan dari tiga faktor yakni faktor usia, popularitas dan ukuran domain. Tiga faktor ini akan memengaruhi DA pada website maupun blog.

Usia Domain: Usia domain menentukan seberapa lama domain bertahan di internet. Semakin lama usia domain akan semakin baik, ini artinya pemilik website konsisten dalam menjaga situsnya.

Popularitas Domain: Jumlah backlink atau inbound link memengaruhi kepopuleran website. Semakin banyak backlink atau inbound link berkualitas yang mengarah pada website, maka semakin populer situs tersebut.

Ukuran Domain: Ditentukan dari seberapa banyak jumlah konten atau artikel yang ada dalam website. Semakin banyak postingan artikel, semakin banyak backlink yang masuk ke website. Isi yang tersajidalam artikel tentu harus bermuatan informasi yang bermanfaat. Artikel yang baik berpotensi menaikkan search engine.

2. Page Authority (PA)

Page Authority adalah gambaran peringkat website atau blog yang terlihat di search engine. Skala ukur angka PA mulai dari 0 sampai dengan 100. Semakin tinggi angka PA, potensi website atau blog muncul di search engine akan semakin tinggi.

Bila DA mengukur kekuatan secara keseluruhan, PA mengukur kekuatan hanya dengan satu halaman saja. Bila PA menunjukkan angka tinggi, maka artinya halaman tersebut sering muncin di search engine.

Angka PA juga berhubungan dengan relevansi konten website atau blog dan juga link masing-masing halaman. Agar PA terus naik, konten website harus original, menarik, bermanfaat, terbaru dan berkualitas.

Istilah Backlink Dalam SEO

optima
2 min read

5 Hotel Murah di Malang

optima
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *