Press Release Adalah? Baca Penjelasannya [LENGKAP]

press release adalah

Jasa Press Release – Dengan mengetahui press release adalah siaran pers yang akan memudahkan Anda untuk lebih mengenal bagaimana cara kerjanya, jenis-jenis, aturan, serta media yang digunakan.

Pengertian Press Release

Saat suatu lembaga atau pun perusahaan memiliki kebijakan baru atau mengklarifikasi masalah yang tengah beredar di masyarakat, maka keberadaan press release sangat dibutuhkan di sini. Lalu apa sebenarnya press release itu, berikut ulasannya:

1. Menurut Soemirat dan Ardianto

Media massa dalam hal ini memiliki peran besar sebagai persebaran informasi yang berfungsi sebagai penghubung. Antara perusahaan dengan masyarakat luas, karena pengaruhnya sangat besar serta informasi dapat beredar secara cepat dengan jangkauan luas.

Menurut Soemirat dan Ardianto (2004) siaran pers merupakan berupa berita atau informasi penting dari suatu perusahaan disusun oleh PR (Public Relation). Kemudian disampaikan kepada pengelola redaksi media massa untuk kemudian dipublikasikan secara luas kepada masyarakat.

2. Menurut KBBI

Dalam KBBI sendiri terdapat pengertian lain yakni press release adalah bahan berita yang disiapkan oleh pihak luar untuk pers. Dengan adanya beberapa pendapat terkait definisi tersebut, dapat dijadikan perbandingan untuk lebih mngerti tentang press release ini.

Sedangkan dalam kamus Bahaasa Inggris, siaran pers merupakan pernyataan publik yang diberikan kepada pengelola pers bisa berupa media elektronik, media cetak maupun online untuk kemudian mempublikasikannya jika mereka mebutuhkannya.

3. Menurut Forbes

Forbes menyatakan bahwa press release ialah alat yang digunakan sebagai perantara penyampaian informasi kepada masyarakat luas. Salah satunya dengan perantara media massa atau yang biasa disebut dengan publikasi.

Press release sendiri difungsikan sebagai alat penyampaian informasi. Umumnya kegiatan tersebut diadakan saat ada acara tertentu, launcing produk baru, atau hal apapun terkait perusahaan yang ingin diketahui oleh khalayak luas.

4. Menurut HubSpot

Menurut HubSpot press release adalah pemberitahuan resmi yang disampaikan oleh perusahaan atau organisasi kepada pengelola media. Ada berbagai tujuan di dalamnya yang berkaitan dengan instansi tersebut agar diketahui masyarakat luas.

Biasanya siaran pers dilaksanakan tidak terlalu panjang yakni sekitar satu sampai dua halaman saja. Pemberitahuan tersebut disampaikan kepada media massa bisa berupa TV, koran, radio dan lainnya yang dapat memberi pengaruh besar kepada khalayak.

5. Menurut Google

Google sendiri merupakan sebuah perusahaan penyedia informasi terbesar. Pihak ini menyatakan bahwa press release adalah pernyataan formal dari sebuah perusahaan atau instansi yang berisi permasalahan tertentu untuk media massa.

Siaran pers dibuat dengan menggunakan bahasa yang mudah difahami oleh semua kalangan. Bertujuan agar khalayak dapat menerima dengan baik informasi tersebut tanpa adanya salah pemahaman (miss komunikasi).

6. Secara Umum

Press release adalah informasi yang disampaikan kepada pengelola pers dalam bentuk berita. Selanjutnya dipublikasikan pada media massa yang dibuat oleh humas. Ini biasa disebut sebagai Public Relation sebuah perusaaan agar dapat dilihat oleh khalayak luas.

Sebuah press release harus bersifat informatif dengan menggunakan gaya piramida terbalik (inteverted pyramid). Informasi yang disampaikan tersebut dibuat oleh perusahaan atau organisasi bukan perseorangan.

Perbedaan Press Release dan Berita

Antara press release dan berita memang terlihat serupa, namun pada kenyataannya tidak sama. Ada beberapa perbedaan yang signifikan dari keduanya. Untuk itu perlu Anda ketahui apa saja perbedaannya seperti ulasan berikut:

1. Berdasarkan Pembuatnya

Press release dibuat oleh oraganisasi atau perusahaan bukan perseorangan. Informasi yang diberikan mencakup peristiwa yang direncanakan yakni bisa berupa peluncuran produk baru, pengumuman pergantian pemimpin, dan lain sebagainya.

Sedangkan berita dibuat oleh wartawan yang diambil dari berbagai sumber termasuk dari PR sebuah perusahaan, untuk selanjutnya diedit oleh redaksi. Dengan tetap mengedepankan fakta sebagai perwujudan tanggung jawab profesi atau bisa disebut publics right to know.

2. Berdasarkan Pengaruhnya

Press release dilaksanakan oleh banyak instansi karena memiliki pengaruh besar terhadap pandangan berbagai pihak. Yakni dapat menumbuhkan opini positif khalayak luas kepada sebuah perusahaan sebagai cara agar citranya lebih baik dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Pengaruh yang ditimbulkan berita tidak melulu berkaitan dengan pendapat ataupun sikap baik terhadap sebuah informasi. Sebab tujuan pemberitaan adalah untuk membentuk kewaspadaan, sebagai kontrol sosial, menbantu khalayak dalam menyikapi sebuah peristiwa dengan bijak.

3. Berdasarkan Fungsinya

Selain berfungsi sebagai pembentuk citra positif khalayak kepada perusahaan untuk menumbuhkan kepercayaan, rilis juga menjadi sumber berita yang akan dimuat oleh media dengan berfokus pada topik tersendiri pada masing-masing media pemberitaan.

Berita sendiri berfungsi untuk membantu khalayak luas dalam menyikapi segala peristiwa yang terjadi, menyajikan tayangan edukatif penambah wawasan, tidak bersifat provokatif, serta dapat membimbing dan mendidik agar masyarakat berpengetahuan luas terkait banyak hal.

4. Berdasarkan Jenis Peristiwa

Pada rilis peristiwa tersebut telah direncanakan sebelumnya dengan tujuan tertentu yang berhubungan dengan citra perusahaan. Dalam hal ini, masyarakat sebagai objek akan memberi kepercayaan atau memiliki pemikiran positif terhadap instansi tesebut.

Dalam berita seringkali ditayangkan dengan topik bukan rekayasa bisa berupa bencana alam, kejahatan, perkembangan suatu kasus, kecelakaan lalulintas, dan sebagainya. Namun juga tidak menutup kemungkinan untuk peristiwa rekayasa misalnya acara kebudayaan.

Press Release Sebagai Metode Branding

Press Release merupakan sarana perusahaan untuk menyampaikan informasi kepada khalayak luas. Berisi pesan penting yang bisa berupa peluncuran produk baru, kinerja perusahaan, dan sebagainya. Kemudian, disampaikan melalui media massa, surat kabar maupun converence call.

Ada banyak manfaat press release bagi perusahaan ataupun produknya dapat dikenal oleh khalayak luas. Dengan begitu, dapat meningkatkan kepercayaan serta menambah customer baru, karena saat ini media memiliki pengaruh sangat besar terhadap pola pikir masyarakat.

Sebelum menulis rilis tentu menentukan tujuan adalah hal pertama yang harus dilakukan. Selain itu, target tepat juga menjadi penentu keberhasilan dari rancangan tersebut. Berfungsi agar informasi dapat tersampaikan dengan baik kepada khalayak luas.

Di samping itu, konsep bagus dapat mendukung keberhasilan penyampaian informasi kepada masyarakat dan juga juga mengandung banyak manfaat.

Untuk itu cara satu ini masuk dalam salah satu metode branding terbaik yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat luas. Makanya tidak heran jika sekarang banyak jasa press release profesional yang menawarkan layanan ini.

Persyaratan Press Release

Teks yang digunakan dalam konten rilis harus berisi informasi terkini, dapat dilaksanakan baik mingguan, bulanan, atau setiap acara penting pada perusahaan. Karena sebagai berita, maka harus dapat dipertanggung jawabkan serta bersifat objektif.

Selain itu, topik yang digunakan harus relevan dengan target audiens. Misalnya saat merilis produk baru, maka dicantumkan beberapa informasi tambahan terkait dengan penjelasan secara ilmiah, medis, ekologis, dan sebagainya.

Pengertian siaran pers yang telah dijelaskan tersebut merupkan penjelasan dari berbagai sumber dilengkapi dengan beberapa keterangan tambahan dengan tujuan memperluas informasi. Jika Anda tertarik mengadakannya penting untuk sebelumnya mengerti terkait hal tersebut.