Bagaimana Penulisan Format Press Release yang Tepat?

Format Press Release – Bagi yang belum mengetahui apa itu press release atau siaran pers, yakni informasi atau berita yang disebarkan oleh perusahaan atau perseorangan kepada publik melalui bantuan media masa. Tujuannya untuk publikasi, branding, promosi, atau menginformasikan suatu event atau acara.

Penulisan format press release sendiri harus disesuaikan dengan ketentuan dan format yang berlaku. Sehingga nantinya artikel yang telah ditulis, memenuhi klasifikasi untuk terbit di media.

Sebelum mulai terjun menulis, baiknya mengetahui format press release yang benar. Format penulisan di bawah ini akan memandu kamu menulis press release yang baik dan benar.

Format Press Release yang Tepat

1. Headline atau Judul

Membuat press release tak jauh berbeda dengan pembuatan artikel, sama-sama membutuhkan judul. Format penulisan pertama yakni wajib mencantumkan judul. Penulisan judul sebaiknya mewakili maksud dari artikel.

Di sini mewakili bukan berarti membocorkan isi artikel. Bila penulisan judul menggambarkan isi artikel, bisa-bisa tidak akan ada yang membaca sampai tuntas. Sebab, hanya dari judul saja pembaca sudah mengetahui isi berita.

Tulis judul semenarik mungkin yang bisa membuat pembaca ingin membuka artikel dan menyelesaikan bacaan. Judul press release ditulis dengan huruf besar.

2. Dateline

Dateline atau baris tanggal dalam press release memuat informasi tanggal dan nama kota saat press release dibuat. Pada bagian tanggal melingkupi dua ketentuan: segera diterbitkan atau sesuai dengan embargo (menyiarkan berita sesuai waktu yang sudah ditentukan).

3. Logo Perusahaan

Logo perusahaan dicantumkan sebagai kop kemudian diikuti tulisan press release atau siaran pers di bagian bawahnya. Penempatan logo bisa berada di sebelah kanan, kiri atau tengah.

Press release bisa dikirim lewat email maupaun secara konvensional, yakni pos dan jasa antar sejenisnya. Pecantuman logo perusahaan cukup penting, agar pihak media tahu dari siapa press release tersebut berasal.

4. Lead, isi dan 5W+1H

Lead atau paragraf pertama pada format press release berisikan informasi bisnis atau event perusahaan. Redaksi biasa menyebut lead sebagai intro alias pembukaan artikel.

Intro di sini sebagai pengantar menuju informasi yang lebih penting dan inti berita. Jadi, tidak langsung to the point pada maksud dan tujuan press release. Pembaca juga lebih nyaman dan menikmati artikel.

Sementara format penulisan lead press release harus sesuai dengan rumus 5W+1H, yakni What, Who, Why, When, Where dan How. Menulis lead dengan rumus tersebut akan mempermudah mejelaskan informasi secara ringkas.

  • What (Apa): Informasi apa yang ingin disampaikan?
  • Who (Siapa): Siapa yang bersangkutan atau siapa yang mengadakan acara?
  • Why (Mengapa): Mengapa acara digelar atau produk diluncurkan?
  • When (Kapan): Kapan acara tersebut berlangsung?
  • Where (Di mana): Di mana acara tersebut digelar?
  • How (Bagaimana): Bagaimana jalannya atau proses sebuah acara digelar?

5. Piramida Terbalik

Dalam penulisan format press release menggunakan format piramida terbalik. Dimulai dengan lead yang mengandung 5W+1H pada paragraf pertama, disusul paragraf kedua yang memuat informasi pendukung paragraf pertama, kemudian baru masuk ke tubuh berita.

Penulisan dengan format piramida terbalik ini digunakan untuk memangkas pernyataan yang tidak dibutuhkan, agar pesan tersampaikan dengan cepat dan efektif. Selain itu, pembaca bisa langsung mengetahui informasi inti dari artikel tersebut tanpa membaca secara keseluruhan.

Bagi redaksi yang super sibuk, tidak akan sempat membaca press release yang berantakan. Maka, dengan penulisan piramida terbalik ini mempercepat bagian redaksi mengetahui maksud dari press release.

6. Kontak Pers

Dalam penulisan format press release perlu mencantumkan kontak perusahaan berupa nomortelephone atau email, bisa keduanya. Ditempatkan pada bagian akhir press release. Selain nomor telephone dan email, cantumkan juga nama dan alamat.

Pencantuman kontak ini berguna bila nantikan pihak media ingin menghubungi perusahaan terkait. Bila press release menarik perhatian media, hal ini akan menjadi keuntungan bagi perusahaan bila hendak menjalin kerja sama.

Penutup

Demikian ulasan tentang penulisan format press release yang tepat dan benar. Kebutuhan press release teramat penting bagi suatu bisnis, selain untuk promosi press release juga digunakan untuk publikasi.

Tinggalkan komentar