Search
Close this search box.

Amalan Jariyah yang Tidak Terputus Pahalanya, Investasi Akhirat!

Amalan Jariyah

Amalan Jariyah – Kematian adalah sebuah kepastian bagi setiap manusia. Ketika ajal menjemput, harta benda dan kedudukan tidak akan bisa dibawa. Yang tertinggal hanyalah amal perbuatan yang telah dikerjakan selama hidup di dunia.

Namun, ada beberapa amalan yang pahalanya tidak akan terputus meskipun pelakunya telah meninggal dunia.

Amalan Jariyah ini ibarat harta karun yang terus mengalirkan pahala kepada pelakunya, bahkan setelah ia berada di alam kubur.

Berikut adalah Amalan Jariyah yang pahalanya tidak terputus;

1. Sedekah Jariyah

Sedekah jariyah adalah sedekah yang manfaatnya terus mengalir meskipun pelakunya telah meninggal dunia. Contohnya seperti membangun masjid, wakaf tanah, dan menyumbangkan buku untuk perpustakaan.

Ayat Al Qur’an

“Dan apa saja yang kamu infakkan pada jalan Allah, niscaya akan dibalas kepadamu dengan sempurna dan kamu sedikitpun tidak akan dirugikan.” (QS. Al-Anfal: 60)

Hadist

“Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW. bersabda: “Jika seorang anak Adam meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara: (1) sedekah jariyah, (2) ilmu yang bermanfaat, (3) dan anak shaleh yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Penjelasan

Sedekah jariyah adalah amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Pahala dari sedekah jariyah akan terus mengalir kepada pelakunya meskipun ia telah meninggal dunia.

Hal ini karena sedekah jariyah bermanfaat bagi orang lain dan dapat membantu mereka untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

2. Ilmu yang Bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dapat digunakan untuk kebaikan dan kemaslahatan umat manusia. Contohnya seperti ilmu agama, ilmu sains, dan ilmu teknologi.

Ayat Al Qur’an

“Katakanlah: “Bertambahlah ilmu pengetahuanmu dan bertambah pula dosa-dosamu.” (QS. Al-Mujadalah: 11)

Hadist

“Dari Abu Darda’ ra., Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim)

Penjelasan:

Ilmu yang bermanfaat adalah amalan yang sangat penting dalam Islam. Ilmu dapat membantu manusia untuk memahami kehidupan dan menjalankan agama dengan benar. Selain itu, ilmu juga dapat membantu manusia untuk meningkatkan kualitas hidup mereka dan berkontribusi kepada kemajuan umat manusia.

3. Anak yang Sholeh

Anak yang sholeh adalah anak yang berbakti kepada orang tua dan selalu taat kepada Allah SWT.

Dalil:

“Dan rendahkanlah dirimu dengan taat kepada Allah dan janganlah kamu mengikuti orang-orang yang sombong.” (QS. Al-A’raf: 66)

Hadist:

“Dari Abdullah bin Amr bin Ash ra., Rasulullah SAW. bersabda: “Sesungguhnya sebaik-baik harta warisan adalah anak yang shaleh.” (HR. Ahmad)

Penjelasan

Anak yang sholeh adalah amalan yang sangat berharga bagi orang tua. Doa anak yang sholeh untuk orang tuanya akan terus mengalirkan pahala kepada orang tuanya meskipun mereka telah meninggal dunia.

Amalan-amalan lain yang pahalanya tidak terputus

  • Membangun jalan
  • Menggali sumur
  • Menerjemahkan kitab-kitab agama
  • Menyebarkan ilmu agama
  • Mengajarkan Al-Qur’an

Baca artikel Islami lainnya di Optimakit.com

Kesimpulan

Amalan yang tidak terputus pahalanya adalah amalan yang sangat penting bagi setiap Muslim.

Amalan-amalan ini dapat membantu manusia untuk mendapatkan pahala yang berlimpah dan meningkatkan kualitas hidup mereka di dunia dan akhirat.

Marilah kita berlomba-lomba dalam mengerjakan amalan-amalan yang tidak terputus pahalanya agar kita mendapatkan pahala yang berlimpah dan kehidupan yang bahagia di dunia dan akhirat.

Semua informasi yang kami terbitkan di blog ini bersumber dari internet dan bersifat umum. Untuk mendapatkan sumber yang valid harap cek kembali di situs resminya.
Bagikan

Rekomendasi