Ketahui Penyebab Spam Score dan 5 Bahayanya untuk Website

Penyebab Spam Score

Penyebab Spam ScoreSpam score adalah algoritma Moz untuk mengukur tingkat spam suatu website, sehingga dapat menurunkan kualitas dan reputasi di mata Google. Meski nilai spam pada website tinggi, tidak lantas membuat sebuah website menjadi sarang spam atau pelaku spam.

Nilai spam tinggi bisa diartikan sebagai alaram untuk pemilik website agar melakukan perbaikan kualitas dan relevansi situsnya. Spam score ini sangat dihindari oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia SEO (Search Engine Optimization).

Spam score seperti virus yang membuat pembaca malas mengunjungi website yang membuat skor user esperience memburuk. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya spam score, yakni anchor text atau kata kunci tidak relevan.

Selain itu, situs yang sudah memuat banyak artikel namu di dalamnya tidak ada link berkualitas, hal ini juga bisa meningkatkan nilai spam. Rasio link dofollow dan nofollow yang tidak berimbang juga menjadi penyebab spam score.

Masih ada penyebab lainnya seperti: penulisan konten secara asal, porsi gambar tidak seimbang, terlalu banyak external links, jumlah laman yang terlalu sedikit, dan nama domain yang kurang tepat.

Bahaya Spam Score

Setelah mengetahui penyebabnya, ketahui pula bahaya spam score supaya bisa lebih perhatian pada website anda.

1. Merusak Trafic Website atau Blog

Nilai spam score ditunjukkan dengan persen. Kisaran 1-10%, 11-20%, 21-30% untuk zona hijau, kisaran 41-50%, 51-60% untuk zona oranye dan 61-70%, 71-80%, 81-90% untuk zona merah. Semakin tinggi nilainya maka potensi website rusak semakin tinggi.

2. Menurunkan Peringkat di Search Engine

Penurunan peringkat artikel website atau blog memengaruhi eksistensi trafic. Spam score akan membuat trafic turun secara perlahan dan lama-lama akan menghilang dari search engine.

3. Kalah Persaingan

Spam score tinggi menyebabkan website naik ke search engine. Sehingga akan sulit untuk bersaing. Terlebih jika pesaing terus mengoptimalkan kualitas kontennya.

4. Pendapatan Merosot

Bila trafic turun, maka pendapatan dari adsense otomatis akan turun juga. Sebab adsene membutuhkan trafic yang tinggi dari website atau blog. Bila spam score tidak kunjung kalian atasi, maka pendapatan akan merosot terus menerus.

5. Menghilang

Spam score yang membandel dan kalian biarkan saja akan menghilangkan website atau blog dari peredaran. Bisa jadi website atau blog masih ada, namun trafic user tidak terhitung bahkan menurun drastis.

Setelah mengetahui seberapa bahayanya dari spam score ini, anda bisa mencegah penyebabnya. Jangan biarkan berlama-lama bila tidak ingin website atau blog rusak.

Istilah Backlink Dalam SEO

optima
2 min read

5 Hotel Murah di Malang

optima
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *