Search
Close this search box.

IHSG Hari Ini Berpotensi Menghijau Sampai Penghujung Maret!

IHSG Hari Ini

IHSG Hari Ini – Pada perdagangan Jumat, 29 Maret 2024, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan bergerak di zona hijau. Indeks acuan ini ditutup menguat 0,10% ke level 6.760,02 pada perdagangan Kamis(28/3).

Analis PT MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana, memprediksi IHSG akan menguat terbatas pada rentang 6.704-6.855. Penguatan IHSG didorong oleh sentimen positif dari bursa regional Asia yang mayoritas menguat.

Faktor Pendorong IHSG

1. Sentimen Positif Bursa Regional

Bursa regional Asia mayoritas menguat pada perdagangan Rabu pagi. Indeks Nikkei 225 Jepang naik 0,87%, Hang Seng Hong Kong naik 0,35%, dan Kospi Korea Selatan naik 0,51%. Penguatan bursa regional ini didorong oleh optimisme investor terhadap pemulihan ekonomi global.

2. Penguatan Harga Komoditas Energi

Harga komoditas energi global seperti batubara dan minyak mentah mengalami kenaikan pada perdagangan Selasa. Kenaikan harga komoditas ini menjadi katalis positif bagi sektor energi di IHSG.

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini Jumat 29 Maret 2024 Cek Updatenya!

3. Rilis Data Ekonomi Global

Investor juga akan mencermati rilis data ekonomi global seperti data GDP AS dan data inflasi PCE AS. Data-data tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap arah pergerakan IHSG.

Sektor Energi Diprediksi Melesat

Sektor energi diprediksi menjadi sektor pendorong utama IHSG pada perdagangan hari ini. Penguatan harga komoditas energi global seperti batubara dan minyak mentah menjadi katalis positif bagi sektor ini.

Beberapa Saham Energi yang Patut Dicermati

  • PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO): ADRO merupakan salah satu perusahaan batubara terbesar di Indonesia. Harga saham ADRO telah menguat 10,2% dalam sepekan terakhir.
  • PT Bukit Asam Tbk (PTBA): PTBA merupakan perusahaan batubara milik pemerintah Indonesia. Harga saham PTBA telah menguat 8,5% dalam sepekan terakhir.
  • PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG): ITMG merupakan perusahaan batubara termal terbesar di Indonesia. Harga saham ITMG telah menguat 9,1% dalam sepekan terakhir.

Saran untuk Trader

Trader disarankan untuk mencermati pergerakan IHSG di level support 6.704 dan resistance 6.855. Peluang buy on weakness dapat dipertimbangkan pada saham-saham yang memiliki fundamental kuat dan teknikal yang menarik.

Beberapa Faktor yang Perlu Diperhatikan

Meskipun IHSG diprediksi menguat pada hari ini, investor perlu memperhatikan beberapa faktor berikut:

  • Volatilitas pasar global yang masih tinggi dapat memengaruhi pergerakan IHSG.
  • Rilis data ekonomi global seperti data GDP AS dan data inflasi PCE AS dapat memberikan pengaruh terhadap arah pergerakan IHSG.
  • Kebijakan moneter dari bank sentral global, seperti The Fed dan Bank Sentral Eropa (ECB), dapat memengaruhi pergerakan IHSG.

Baca artikel seputar Finansial lainnya hanya di Optimakit.com.

Kesimpulan

IHSG diprediksi menguat pada perdagangan Jumat, 29 Maret 2024, didorong oleh sentimen positif dari bursa regional dan sektor energi. Investor perlu mencermati beberapa faktor yang dapat memengaruhi pergerakan IHSG.

Semua informasi yang kami terbitkan di blog ini bersumber dari internet dan bersifat umum. Untuk mendapatkan sumber yang valid harap cek kembali di situs resminya.
Bagikan

Rekomendasi