Search
Close this search box.

Samsung Luncurkan Chipset Exynos 1480, Grafisnya Ngebut

Chipset Exynos 1480

Chipset Exynos 1280 – Samsung Electronics Co., Ltd. baru saja meluncurkan chipset terbarunya, Exynos 1480. Chipset ini dirancang khusus untuk smartphone kelas menengah dan menawarkan peningkatan performa yang signifikan dibandingkan pendahulunya, Exynos 1280.

Performa Grafis yang Signifikan

Salah satu peningkatan utama Exynos 1480 terletak pada kemampuan grafisnya. Chipset Exynos 1480 dibekali dengan GPU Mali-G68 yang 30% lebih cepat dibandingkan Mali-G52 yang digunakan pada Exynos 1280. Peningkatan ini membuat Exynos 1480 mampu menangani game dan aplikasi grafis berat dengan lebih lancar.

Baca Juga : Samsung Galaxy A55 5G Inovasi Kamera Super Canggih

Sebagai contoh, game Genshin Impact dapat dimainkan dengan lancar pada Exynos 1480 dengan pengaturan grafis “High” dan frame rate “60fps”.

Hal ini tidak mungkin dilakukan pada Exynos 1280, di mana game hanya dapat dimainkan dengan pengaturan grafis “Medium” dan frame rate “30fps”.

Selain game, Exynos 1480 juga cocok untuk digunakan pada aplikasi editing foto dan video. GPU Mali-G68 mampu mempercepat proses rendering gambar dan video, sehingga pengguna dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih cepat.

Performa CPU dan AI yang Meningkat

Selain grafis, Exynos 1480 juga menawarkan peningkatan performa CPU dan AI. Chipset ini menggunakan CPU octa-core dengan dua core Cortex-A78 berkecepatan 2.4GHz dan enam core Cortex-A55 berkecepatan 1.8GHz. Konfigurasi ini menghasilkan performa CPU yang 10% lebih cepat dibandingkan Exynos 1280.

Baca Juga : Galaxy Z Fold 6 FE, Smartphone Lipat Terbaru Samsung!

Peningkatan performa CPU ini dapat dirasakan saat menjalankan aplikasi multitasking, seperti membuka banyak aplikasi sekaligus atau bermain game sambil browsing internet. Exynos 1480 mampu menangani semua tugas ini dengan lancar tanpa lag atau stutter.

Chipset Exynos 1480 juga dilengkapi dengan NPU (Neural Processing Unit) yang lebih powerful. NPU ini mampu melakukan operasi AI 2.4 kali lebih cepat dibandingkan NPU pada Exynos 1280. Hal ini membuat Exynos 1480 lebih handal dalam menjalankan aplikasi AI seperti pengenalan gambar, pengenalan suara, dan augmented reality.

Sebagai contoh, Exynos 1480 dapat digunakan untuk membuka kunci smartphone dengan pengenalan wajah lebih cepat dan akurat. Chipset ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas foto dan video dengan AI image enhancement.

Konektivitas 5G dan Fitur Lainnya

Chipset Exynos 1480 juga mendukung konektivitas 5G sub-6GHz. Chipset ini mampu mencapai kecepatan download hingga 5.1Gbps dan kecepatan upload hingga 1.2Gbps. Kecepatan ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh file besar, streaming video 4K, dan bermain game online dengan lancar.

Exynos 1480 juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya seperti ISP (Image Signal Processor) yang mampu menghasilkan gambar dan video berkualitas tinggi, serta modem 4G LTE yang mendukung VoLTE (Voice over LTE).

Baca artikel seputar Teknologi lainnya di blog Optimakit.

Kesimpulan

Chipset Exynos 1480 merupakan chipset yang menawarkan performa yang powerful dan efisien untuk smartphone kelas menengah. Chipset ini memiliki grafis yang ngebut, CPU yang kencang, AI yang cerdas, dan konektivitas 5G.

Dengan berbagai kelebihannya, Exynos 1480 diprediksi akan menjadi chipset yang populer di kalangan smartphone kelas menengah di tahun 2024.

Semua informasi yang kami terbitkan di blog ini bersumber dari internet dan bersifat umum. Untuk mendapatkan sumber yang valid harap cek kembali di situs resminya.
Bagikan

Rekomendasi