Cara Rekber Shopee, Biaya dan Keuntungan Belanja Online!

Cara Rekber Shopee – Berbelanja online menjadi semakin populer. Kemudahan dan beragam pilihan produk yang ditawarkan membuat banyak orang beralih dari berbelanja offline ke online.

Namun, di balik kemudahannya, tak jarang terjadi penipuan yang membuat para pembeli merasa ragu dan tidak aman.

Untuk menjawab keresahan tersebut, Shopee menghadirkan fitur Rekber Shopee. Fitur ini berperan sebagai pihak ketiga yang terpercaya dalam menampung dana pembeli sebelum barang pesanan diterima.

Artikel ini mengupas tentang bagaimana Cara Rekber Shopee, kamu tak perlu lagi khawatir tertipu karena uangmu aman sampai barang benar-benar di tanganmu.

Apa itu Rekber Shopee?

Rekber Shopee adalah layanan escrow yang disediakan oleh Shopee untuk mengamankan transaksi online antara pembeli dan penjual.

Dana pembeli akan ditampung terlebih dahulu di rekening bersama Shopee sebelum diserahkan kepada penjual setelah pembeli menerima dan menyetujui barang pesanan.

Manfaat Menggunakan Rekber Shopee

Berikut beberapa manfaat menggunakan Rekber Shopee:

  • Meningkatkan rasa aman dan nyaman: Baik bagi pembeli maupun penjual. Pembeli tidak perlu khawatir uangnya hilang, dan penjual tidak perlu khawatir barangnya tidak dibayar.
  • Meminimalisir risiko penipuan: Dana pembeli aman di rekening bersama Shopee sehingga terhindar dari penipuan.
  • Memudahkan proses penyelesaian sengketa: Jika terjadi perselisihan antara pembeli dan penjual, Shopee akan membantu menyelesaikannya dengan adil.

Baca Juga : Cara Mengetahui Orderan Asli atau Fiktif, Buat Para Diver Ojol

Cara Membuat Rekber Shopee

Terkait cara membuat rekber Shopee sendiri belum ada informasi resmi mengingat pihak Shopee mengambil kendali penuh sebagai perantara.

Artinya, Anda hanya bisa memanfaatkan fitur rekber di Shopee sebagai metode pembayaran melalui kesepakatan bersama antara pembeli dan penjual dalam bertransaksi online.

Bahkan saat Anda berbelanja di situs jual beli online lainnya, metode pembayaran rekening bersama Shopee pun bisa digunakan melalui tautan link rekber Shopee.

Pembeli hanya perlu menanyakan kepada penjual apakah barang yang ingin dibeli bisa dipesan melalui Shopee. Jika ya, penjual bisa melanjutkan pemberian link produk kepada pembeli.

Berikut panduan lengkap Cara Rekber Shopee

Panduan untuk Pembeli

1. Temukan Produk yang Ingin Dibeli

Cari produk yang ingin kamu beli di Shopee. Pastikan penjualnya terpercaya dengan melihat rating dan ulasan pembeli lain.

2. Hubungi Penjual dan Sepakati Penggunaan Rekber Shopee

Hubungi penjual melalui fitur chat Shopee dan tanyakan apakah mereka bersedia menggunakan Rekber Shopee. Jika penjual setuju, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Buat Pesanan dengan Memilih Opsi Rekber Shopee

Pada halaman checkout, pilih opsi pembayaran “ShopeePay/Transfer Bank (Rekomendasi Shopee)”. Kemudian, pilih “Bayar Sekarang”.

4. Lakukan Pembayaran

Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang kamu pilih. Pastikan kamu mentransfer nominal yang sama dengan harga produk dan ongkos kirim.

5. Konfirmasi Penerimaan Barang

Setelah menerima barang, periksa apakah barang sesuai dengan pesanan dan deskripsi produk. Jika sudah sesuai, klik “Konfirmasi Penerimaan” pada aplikasi Shopee.

6. Berikan Penilaian dan Ulasan

Berikan penilaian dan ulasan terhadap produk dan layanan penjual. Hal ini membantu pembeli lain dalam mengambil keputusan pembelian.

Panduan untuk Penjual

1. Buat Produk dan Aktifkan Opsi Rekber Shopee

Pada halaman pembuatan produk, aktifkan opsi “Aktifkan Rekber Shopee”.

2. Proses Pesanan Pembeli

Setelah menerima pesanan dari pembeli yang menggunakan Rekber Shopee, segera proses pesanan tersebut dan kirimkan barang kepada pembeli.

3. Konfirmasi Pengiriman Barang

Setelah barang dikirimkan, klik “Konfirmasi Pengiriman” pada aplikasi Shopee.

4. Tunggu Konfirmasi Penerimaan dari Pembeli

Tunggu pembeli mengkonfirmasi penerimaan barang. Setelah pembeli mengkonfirmasi, dana akan secara otomatis ditransfer ke rekening bankmu.

Biaya Layanan Rekber Shopee

Shopee mengenakan biaya layanan untuk setiap transaksi yang menggunakan Rekber Shopee. Besarnya biaya tergantung pada nominal transaksi, yaitu:

Transaksi rekber untuk pembelian barang di toko non star A dengan kategori produk C senilai Rp 1.000.000 dengan ongkir Rp 10.000 dibayarkan pembeli melalui rekber Shopee.

Baca Juga : Cara Aktifkan DANA Paylater, Syarat dan Keuntungan!

Total yang harus dibayarkan pembeli

= Harga barang + ongkir + biaya admin   
= Rp 1.000.000 + Rp 10.000 = Rp1.010.000

Total uang yang diteruskan ke penjual

= Harga produk – biaya admin
= Rp1.000.000 – 4% = Rp960.000

Keuntungan dan Kerugian Rekber Shopee

Ada keuntungan rekber Shopee yang akan dirasakan oleh penjual dan pembeli, di antaranya jaminan keamanan dalam bertransaksi, kredibilitas penjual meningkat, hingga terhindar dari penipuan online.

Namun, penggunaan rekber lewat Shopee juga memiliki kerugian, seperti potensi pengendapan dana di rekber yang akan berdampak pada cashflow penjual.

Biasanya, kondisi ini terjadi akibat kendala transaksi jual beli yang bermasalah karena pembeli belum mengkonfirmasi penerimaan pesanan karena berbagai alasan.

Mungkin saja ada barang reject yang diterima pembeli atau ketidaksesuaian jumlah dan jenis pesanan hingga perlu ada penyelesaian dari kedua belah pihak terlebih dahulu.

Itulah tadi pembahasan tentang info biaya dan cara kerja rekber Shopee sebagai solusi transaksi online yang aman, baik bagi penjual maupun pembeli.

Sebagai informasi tambahan, penting bagi Anda untuk tidak memberikan data pribadi seperti KTP hingga kode OTP agar keamanan bertransaksi online bisa terjamin.

Baca informasi terbaru di News Optimakit.

Kesimpulan

Rekber Shopee adalah fitur yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman dalam bertransaksi online.

Bagi pembeli, Rekber Shopee memberikan jaminan bahwa uang mereka aman sampai barang diterima. Bagi penjual, Rekber Shopee membantu meningkatkan kepercayaan pembeli dan meminimalisir risiko penipuan.

Dengan mengikuti panduan di atas, kamu dapat dengan mudah menggunakan Rekber Shopee untuk bertransaksi online dengan aman dan nyaman.

Copyright by : https://optimakit.com/