14 Cara Membuat Press Release yang Baik dan Benar

cara membuat press release

Jasa Press Release – Sebelum mengetahui bagaimana cara membuat press release, kenali dulu apa itu pengertiannya. Istilah ini mengarah kepada suatu metode yang akan dilakukan kepada jurnalis untuk memperoleh liputan berita. Beberapa di antaranya menganggap sebagai panduan membuat sebuah artikel.

Cara Membuat Press Release

Di dalam pembuatannya, seorang jurnalis bisa mendapatkan ribuan press release pada akun emailnya. Hal ini mengartikan bahwa suatu artikel harus terlihat menarik serta memuat alasan bagi media mengapa harus mengulas naskah tersebut.

Berikut adalah beberapa cara membuat press release:

1. Membuat Judul Sekaligus Inti Berita

Judul merupakan bagian terpenting untuk menarik pembaca. Komponen ini akan dilihat oleh orang-orang pertama kali sebelum membaca isi sebuah bacaan lebih jauh lagi. Dengan begitu, sebaiknya gunakan bahasa yang singkat dan jelas namun sudah mewakili keseluruhan dari inti berita.

Perlu Anda ketahui bahwa pembaca dari press release berasal dari jurnalis yang harus disibukkan dengan pembacaan naskah lainnya. Agar terlihat menarik minat mereka untuk mengulasnya, maka buatlah judul dengan memasukkan inti berita ke dalamnya.

2. Menggunakan Strategi Piramida Terbaik

Cara membuat pres release selanjutnya ialah mennggunakan teknik piramida terbarik. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan strategi piramida terbalik dalam penulisan berbagai jenis bacaan.

Setelah menentukan tema, judul dan subjudul maka tahap selanjutnya adalah menulisnya menggunakan metode tersebut.

Sudah banyak jenis bacaan yang menggunakan strategi piramida terbalik seperti artikel, proposal penelitian, karangan dan lainnya. Hal ini juga bisa Anda terapkan pada teknik cara membuat pres release.

  • Baca juga : 13 Manfaat Press Release

3. Memberikan Penjelasan Singkat

Cara membuat pres release selanjutnya ialah sebaiknya Anda memberikan penjelasan singkat tentang inti dari berita di paragraf awal. Jangan sampai menyampaikan informasi utama pada bagian tengah atau bahkan di akhir. Hal ini dianggap kurang menarik dan bertele-tele dalam sebuah pres release.

Penjelasan secara singkat di paragraf awal ini nyatanya juga memiliki tujuan tersendiri yaitu memberikan gambaran bagi pembaca mengenai apa inti dari pres release. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah untuk memahami elaborasi Anda.

4. Menggunakan Data Pendukung pada Press Release

Selain membuatnya menarik, Anda juga harus menggunakan data pendukung di dalam press release. Hal ini bisa meyakinkan kepada pembaca bahwa berita yang diangkat memang benar-benar terjadi karena tercantum beberapa fakta secara detail.

Jika menjelaskan tentang perusahaan, Anda bisa menghindari penggunaan kalimat yang bersifat hard selling agar tidak mengundang persaingan bisnis. Mengingat bahwa pres release memang ditujukan untuk menyampaikan peristiwa atau berita mengenai suatu perkembangan.

5. Menggunakan Kutipan dari Tokoh Penting

Tips berikutnya yakni mencantumkan kutipan dari tokoh penting atau sosok berpengaruh dari press release yang sedang diangkat. Beberapa di antaranya seperti CEO, petinggi perusahaan, founder, investor dan masih banyak lagi.

Mencantumkan kutipan dari mereka bisa menunjukkan betapa pentingnya berita yang akan Anda sampaikan. Pernyataan tersebut memang memiliki tujuan untuk menekankan inti di dalam pres release.

6. Bersifat Unik dan Penting

Unsur paling penting dari sebuah bacaan adalah informasi di dalamnya. Tentunya sebuah media menginginkan berita yang menarik sehingga bisa menarik minat dari pembaca. Maka dari itu, konten harus bersifat unik dan penting.

Daripada pemberitahuan kecil dan sudah bersifat umum, banyak orang akan lebih menyukai beberapa tema seperti pendanaan, inovasi, acara besar ataupun millestone perusahaan. Jika Anda berhasil mengemasnya secara menarik, media tentu dibuat tertarik membacanya.

7. Relevan dengan Pembaca

Beberapa media yang sudah memiliki banyak pembaca, biasanya akan lebih fokus untuk menyesuaikan konten dengan minat para audiens. Akan tetapi, hal ini seringkali dilupakan sehingga menghilangkan ketertarikan dari pelanggan lama.

Maka dari itu, sebelum mengirimnya ke jurnalis, sebaiknya sesuaikan dengan mangsa pasar dari media tersebut. Hal ini menjadi salah satu daya tarik agar mereka membuka dan mengulasnya sehingga cara membuat press release bisa efektif dilakukan.

  • Baca juga : 8 Jenis Press Release

8. Memberikan Nilai Tambah

Perlu diperhatikan jika Anda sedang mengulas sebuah produk atau brand dari perusahaan. Usahakan jangan membuat judul yang mengarah ke pengiklanan sehingga mengurangi minat orang untuk membacanya.

Untuk menghindari hal tersebut, alangkah lebih baik untuk mengubah fokus penulisan agar relevan dengan minat pembaca daripada mengutamakan judul. Faktanya, banyak orang cenderung memilih berita informatif daripada pengiklanan.

9. Memperlakukan Press Release Berupa Artikel

Tidak hanya mengetahui bagaimana konsep berita yang menarik bagi media, cara membuat pres release juga harus memperhatikan teknik penulisannya. Agar lebih mudah, perlakukan saja seperti menulis artikel pada umumnya.

Gaya penulisan seperti artikel ini akan membuat Anda lebih mengutamakan konten yang informatif daripada condong ke arah iklan. Selain itu, tulisan seperti ini juga dinilai sesuai dengan permintaan dari pihak media.

10. Membuat Tulisan yang Lolos Copy Paste

Hal yang paling utama dalam membuat tulisan adalah lolos dari copy paste. Jangan sampai mengirim sebuah press release ke media namun penulisan tersebut hasil contekan dari sumber lain. Tentu saja hal ini akan ditolak mentah-mentah oleh jurnalis.

Sebab banyak dari media yang langsung menerbitkan siaran pers secara persis dari sumbernya. Tentunya hal ini tidak layak terbit serta kurang menarik perhatian bagi pembaca. Oleh karena itu, buatlah press release benar-benar hasil dari tulisan sendiri.

11. Menghindari Penggunaan Banyak Kata Sifat Positif

Jika Anda sedang mengulas sebuah produk, alangkah lebih baik untuk menghindarkan dari penggunaan banyak kata sifat positif. Hal ini bisa menjebak gaya penulisan akan mengarah ke pengiklanan.

Gaya penulisan seperti ini juga kerapkali menyulitkan bagi para pembaca bahkan jurnalis untuk memahaminya karena banyaknya ulasan positif terkait produk. Mereka akan kesulitan dalam mencari letak tulisan yang bersifat informatif.

12. Menggunakan Pernyataan Langsung

Cara membuat pres releasse selanjutnya ialah menggunakan pernyataan langsung. Menggunakan pernyataan langsung bisa menjadi hal yang opsional.

Namun penulisan seperti ini membuat tulisan tampak lebih berbobot. Terutama jika pendapat tersebut disampaikan oleh tokoh penting atau sosok berpengaruh.

Walaupun hanya mencantumkan satu atau dua pernyataan saja, namun sempatkan untuk meminta pendapat dari tokoh penting dari perusahaan sehingga bisa dijadikan bahan di dalam press release dan membuatnya menarik.

13. Memudahkan Akses Multimedia

Menyediakan akses multimedia memang hal yang opsional untuk dilakukan, namun adanya bantuan seperti gambar atau video juga bisa mempercepat siaran pers dipublikasikan. Unsur ini dapat menjadi nilai tambah bagi press release.

Dengan mencantumkan akses multimedia tersebut, Anda berhasil menambahkan daya tarik tersendiri bagi pres release yang telah dibuat. Tentunya hal ini bisa dijadikan pertimbangan bagi media untuk mempublikasikannya.

14. Menggunakan Ilustrasi yang Menarik

Cara membuat press release yang terakhir ialah menggunakan ilustrasi yang menarik sehingga mengundang keingintahuan dari pembaca. Namun pastikan untuk membuatnya agar relevan dengan isi berita di dalamnya.

Tidak hanya menarik dan relevan saja, Anda juga bisa menggunakan ilustrasi yang dapat memuat isi berita di dalamnya. Dengan begitu, pembaca akan memahami inti dari press release melalui ilustrasi tersebut.

Itulah beberapa cara membuat press release yang bisa Anda terapkan. Hal paling penting adalah membuatnya agar terlihat menarik bahkan hanya dari judul saja. Dengan begitu, orang pun mudah tertarik untuk membacanya.


Kata Kunci

Cara Membuat Press Release, Cara Menulis Press Release, Format Press Release, Teknik Membuat Press Release