Search
Close this search box.

Saham ADRO 3 April 2024! Akankah Tren Positif Berlanjut?

Saham ADRO 3 April 2024

Saham ADRO 3 April 2024 – Harga saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO) menunjukkan pergerakan positif dalam beberapa hari terakhir.

Pada 3 April 2024, ADRO ditutup pada harga Rp3.800 per lembar, naik 2,63% dari hari sebelumnya.

Faktor Pendorong Kenaikan Saham ADRO

1. Harga batubara yang terus meningkat.

Harga batubara Newcastle, acuan harga batubara global, telah mencapai USD270 per ton pada bulan Maret 2024. Hal ini merupakan level tertinggi sejak Oktober 2022. Kenaikan harga batubara ini didorong oleh beberapa faktor, seperti:

  • Tingginya permintaan batubara dari negara-negara Asia, seperti China dan India. Pertumbuhan ekonomi dan kebutuhan energi yang meningkat di negara-negara tersebut mendorong permintaan batubara.
  • Gangguan pasokan batubara akibat perang di Ukraina. Perang di Ukraina menyebabkan terganggunya pasokan batubara dari Rusia, salah satu eksportir batubara terbesar di dunia.

Baca Juga : Saham SMSM 3 April 2024, Berpeluang Rebound?

2. Permintaan batubara yang tinggi.

Permintaan batubara dari negara-negara Asia, seperti China dan India, masih tinggi. Hal ini disebabkan oleh:

  • Pertumbuhan ekonomi yang tinggi. China dan India merupakan dua negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Pertumbuhan ekonomi ini mendorong permintaan energi, termasuk batubara.
  • Kebutuhan energi yang meningkat. Meningkatnya populasi dan industrialisasi di negara-negara Asia meningkatkan kebutuhan energi. Batubara masih menjadi salah satu sumber energi utama di negara-negara tersebut.

3. Kinerja keuangan ADRO yang solid.

ADRO membukukan laba bersih senilai Rp2,8 triliun pada tahun 2023. Laba ini meningkat 74% dibandingkan dengan tahun 2022. Kinerja keuangan yang solid ini menunjukkan bahwa ADRO mampu memanfaatkan kenaikan harga batubara dengan baik.

Baca Juga : Saham DRMA 3 April 2024! Berpeluang Rebound?

Analisis Teknikal ADRO

Berdasarkan analisis teknikal, ADRO menunjukkan beberapa indikator positif:

  • Relative Strength Index (RSI) ADRO berada di level 65. Level ini menunjukkan bahwa ADRO tidak overbought dan masih memiliki ruang untuk naik. RSI adalah indikator yang menunjukkan kekuatan momentum pergerakan harga saham.
  • Moving Average Convergence Divergence (MACD) ADRO menunjukkan sinyal bullish. MACD line telah memotong signal line dari bawah ke atas, yang menunjukkan bahwa momentum kenaikan ADRO masih kuat. MACD adalah indikator yang menunjukkan tren pergerakan harga saham.
  • Harga ADRO telah menembus resistance di level Rp3.700. Penembusan ini menunjukkan bahwa ADRO berpotensi untuk melanjutkan tren kenaikannya. Resistance adalah level harga di mana pembeli kesulitan untuk mendorong harga lebih tinggi.

Beberapa contoh pola candlestick yang menunjukkan tren positif ADRO:

  • Hammer: Pola candlestick ini menunjukkan bahwa pembeli berhasil mendorong harga naik setelah sempat turun di awal sesi perdagangan.
  • Bullish engulfing: Pola candlestick ini menunjukkan bahwa pembeli berhasil menguasai perdagangan dan mendorong harga naik significantly.
  • Piercing line: Pola candlestick ini menunjukkan bahwa pembeli berhasil mendorong harga naik di atas level penutupan hari sebelumnya.

Baca Juga : Saham AUTO Hari Ini Menghijau di Tengah Koreksi IHSG!

Saran untuk Trader

Berdasarkan analisis di atas, ADRO berpotensi untuk melanjutkan tren kenaikannya dalam jangka pendek. Trader dapat mempertimbangkan untuk membeli ADRO dengan target harga Rp4.000 per lembar.

Namun, trader perlu memperhatikan beberapa faktor risiko, seperti:

  • Fluktuasi harga batubara. Harga batubara merupakan faktor utama yang mempengaruhi harga saham ADRO. Fluktuasi harga batubara dapat menyebabkan harga saham ADRO turun.
  • Kebijakan pemerintah. Kebijakan pemerintah terkait dengan batubara, seperti larangan ekspor, dapat mempengaruhi kinerja ADRO.

Baca Juga : BBCA Hari ini 3 April 2024, Cek Updatenya!

Beberapa contoh strategi trading yang dapat digunakan untuk ADRO:

  • Strategi buy on breakout: Trader dapat membeli ADRO ketika harga berhasil menembus resistance di level tertentu.
  • Strategi pullback: Trader dapat membeli ADRO ketika harga mengalami koreksi atau pullback setelah tren kenaikan.
  • Strategi scalping: Trader dapat memanfaatkan pergerakan harga ADRO yang fluktuatif dalam jangka pendek untuk mendapatkan keuntungan.

Baca artikel seputar Finansial lainnya hanya di Optimakit.com.

Kesimpulan

ADRO menunjukkan pergerakan positif dalam beberapa hari terakhir. Hal ini didorong oleh beberapa faktor, seperti:

  • Harga batubara yang terus meningkat.
  • Permintaan batubara yang tinggi.
  • Kinerja keuangan ADRO yang solid.

Analisis ini bersifat informatif dan bukan merupakan rekomendasi untuk membeli atau menjual saham ADRO. Trader diharapkan melakukan analisis sendiri sebelum mengambil keputusan investasi.

Copyright’s by : https://optimakit.com/

Semua informasi yang kami terbitkan di blog ini bersumber dari internet dan bersifat umum. Untuk mendapatkan sumber yang valid harap cek kembali di situs resminya.
Bagikan

Rekomendasi