Search
Close this search box.

HRD : Gaji, Peran, Tugas dan Tanggung Jawabnya

HRD

HRD atau Human Resource Development adalah profesi yang memainkan peran penting dalam kesuksesan suatu organisasi.

Mereka bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia, yang merupakan aset paling berharga bagi perusahaan.

Peran dan Tanggung Jawab

Perencanaan SDM: HRD merumuskan strategi dan kebijakan SDM yang selaras dengan tujuan organisasi.

Mereka melakukan analisis kebutuhan SDM, memprediksi kebutuhan tenaga kerja di masa depan, dan mengembangkan program untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Baca Juga : Gaji HRD Pabrik: Peluang Karier di Bidang SDM Industri

Rekrutmen dan Seleksi: Human Resource Development bertanggung jawab untuk mencari dan memilih kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang terbuka.

Mereka merancang strategi rekrutmen, menyaring lamaran, melakukan wawancara, dan membuat keputusan akhir tentang siapa yang akan dipekerjakan.

Onboarding: Human Resource Development membantu karyawan baru beradaptasi dengan budaya dan lingkungan kerja baru.

Mereka menyediakan informasi dan pelatihan yang diperlukan untuk membantu karyawan baru menjadi produktif dan terintegrasi dengan tim.

Pelatihan dan Pengembangan: Human Resource DevelopmentHRD merancang dan menyelenggarakan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan.

Mereka mengidentifikasi kebutuhan pelatihan, mengembangkan program yang sesuai, dan mengevaluasi efektivitas program pelatihan.

Manajemen Kinerja: Human Resource Development melakukan penilaian kinerja karyawan dan memberikan umpan balik yang konstruktif.

Baca Juga : Gaji HRD di PLN Terbaru, Berkarir di Perusahaan BUMN Terbaik!

Mereka membantu karyawan untuk meningkatkan kinerja mereka dan mencapai tujuan karir mereka.

Kompensasi dan Remunerasi: Human Resource Development menetapkan gaji, tunjangan, dan penghargaan bagi karyawan.

Mereka memastikan bahwa gaji dan tunjangan yang diberikan kompetitif dan adil, dan penghargaan diberikan atas kinerja yang luar biasa.

Hubungan Industrial: Human Resource Development membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan serikat pekerja dan organisasi eksternal lainnya.

Mereka mewakili organisasi dalam negosiasi dengan serikat pekerja dan memastikan kepatuhan terhadap undang-undang ketenagakerjaan.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Human Resource Development menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi karyawan.

Mereka mengembangkan program keselamatan dan kesehatan kerja, melakukan inspeksi keselamatan, dan menangani kasus kecelakaan kerja.

Baca Juga : Gaji HRD di Jakarta: Berapa Kisarannya di Tahun 2024?

Keterampilan yang Dibutuhkan

  • Keterampilan interpersonal: HRD harus mampu berkomunikasi dengan baik, membangun hubungan, dan menyelesaikan konflik. Mereka harus mampu bekerja dengan berbagai macam orang dari berbagai latar belakang dan budaya.
  • Keterampilan organisasi: HRD harus mampu mengelola waktu, sumber daya, dan proyek dengan efektif. Mereka harus mampu memprioritaskan tugas, menyelesaikan tenggat waktu, dan mencapai tujuan.
  • Keterampilan analitis: HRD harus mampu mengumpulkan dan menganalisis data untuk membuat keputusan yang tepat. Mereka harus mampu mengidentifikasi tren, memprediksi hasil, dan membuat rekomendasi yang berdasarkan data.
  • Pengetahuan tentang hukum ketenagakerjaan: Human Resource Development harus memahami peraturan dan undang-undang yang terkait dengan SDM. Mereka harus mampu menerapkan hukum ketenagakerjaan dengan benar dan memastikan kepatuhan organisasi terhadap hukum.
  • Kemampuan untuk berpikir strategis: Human Resource Development harus mampu melihat gambaran besar dan menyelaraskan program SDM dengan tujuan organisasi. Mereka harus mampu berpikir secara kreatif dan inovatif untuk mengembangkan solusi SDM yang efektif.

Baca Juga : Gaji HRD Pertamina 2024 Terbaru, Cek Detailnya!

Pendidikan dan Pelatihan untuk Menjadi HRD

Jurusan Kuliah: Jurusan yang relevan dengan Human Resource Development, seperti Manajemen SDM, Psikologi Industri dan Organisasi, atau Sosiologi. Jurusan-jurusan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi HRD yang sukses.

Sertifikasi: Sertifikasi Human Resource Development seperti Certified Human Resources Professional (CHRP) dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa Anda memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diakui secara profesional.

Pengalaman Kerja: Pengalaman magang atau pekerjaan di bidang SDM sangat bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan Anda. Pengalaman ini memungkinkan Anda untuk menerapkan teori yang Anda pelajari di kelas dalam dunia nyata.

Baca Juga : Gaji Pegawai Kantor Pos di Tahun 2024, 12 Juta Perbulan!

Prospek Karir HRD

Prospek karir HRD sangatlah menjanjikan. Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat memprediksikan bahwa pekerjaan HRD akan tumbuh 7% dari tahun 2020 hingga 2030, lebih cepat daripada rata-rata pekerjaan lainnya.

Hal ini disebabkan oleh semakin pentingnya peran SDM dalam organisasi dan meningkatnya kompleksitas undang-undang ketenagakerjaan.

Gaji HRD

Gaji HRD bervariasi tergantung pada pengalaman, pendidikan, dan lokasi kerja. Menurut https://www.salaryexplorer.com/, gaji rata-rata HRD di Indonesia adalah Rp 12.750.000 per bulan.

HRD dengan pengalaman yang lebih banyak dan pendidikan yang lebih tinggi dapat memperoleh gaji yang lebih tinggi.

Tips Menjadi HRD yang Sukses

  • Bangun jaringan profesional yang kuat. Bergabunglah dengan organisasi profesi HRD dan menghadiri konferensi dan seminar SDM. Jaringan profesional Anda dapat membantu Anda untuk mendapatkan informasi tentang peluang kerja dan belajar dari HRD lain.
  • Kembangkan keterampilan kepemimpinan Anda. Human Resource Development harus mampu memimpin tim dan menginspirasi orang lain. Kembangkan keterampilan kepemimpinan Anda dengan mengikuti pelatihan kepemimpinan dan mengambil peran kepemimpinan dalam organisasi Anda.
  • Tetaplah positif dan antusias. Human Resource Development harus mampu memotivasi dan menginspirasi orang lain. Tetaplah positif dan antusias tentang pekerjaan Anda dan orang lain akan terinspirasi oleh Anda.

Baca artikel seputar Karir lainnya di Optimakit.com

Kesimpulan

Menjadi HRD adalah karir yang menantang dan bermanfaat. Human Resource Development yang sukses memiliki keterampilan interpersonal, organisasi, dan analitis yang kuat.

Mereka juga memiliki pengetahuan tentang hukum ketenagakerjaan dan kemampuan untuk berpikir strategis.

Jika Anda tertarik untuk membantu organisasi mencapai tujuan mereka melalui pengelolaan SDM yang efektif, maka karir HRD mungkin cocok untuk Anda.

Semua informasi yang kami terbitkan di blog ini bersumber dari internet dan bersifat umum. Untuk mendapatkan sumber yang valid harap cek kembali di situs resminya.
Bagikan

Rekomendasi